Categories
Seni

Kerajinan Kulit Bali Sukses Tembus Pasar Luar Negeri

Kerajinan Kulit Bali Sukses Tembus Pasar Luar Negeri –  Bali dengan salah satu kerajinannya yakni kulit yang dimanan sukses memberikan hasil luar biasa bagi Indonesia. Semua itu disebabkan kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin di Bali juga luar biasa.

Hal itu pun ditunjukkan dengan negara Jepang sebagai salah satu negara tujuan ekspor dari hasil hasil kerajinan dengan bahan kulit dari Bali ini. Untuk lebih jelasnya mari kita ikutin artikel dibawah ini.

Kerajinan Kulit Bali Sukses Tembus Pasar Luar Negeri

Kerajinan Kulit Bali Sukses Tembus Pasar Luar Negeri

Untuk berbagai produk kulit bali ini n pun diantaranya seperti sepatu dan sandal untuk semua usia, baik wanita maupun pria. Selain itu juga ikat pinggang dan aneka jenis tas yang sangat disenangi oleh masyarakat Asia Timur dan juga Eropa. Melalui statistik dari BPS bahwa kerajinan khas Bali tersebut dipegang oleh negara Jepang dengan jumlah total nilai sebesar 914.032 pada bulan Juni 2017

Diikuti dengna negara Hong kong dengan persentase 21.49 % dan Singapura diposisi 3 dengan persentase 12,87%. Semua itu pun disebabkan berbaai bahan kulit produksi Indonesia ini telah go internasional dan mempunyai kualitas terbaik dengan harga relatif murah dibandingkan  jenis aksesoris lainnya yang original.

Kerajinan Kulit Bali Sukses Tembus Pasar Luar Negeri

Mengenai kerajainan kulit ini dari Bali ini bisa dibedakan menjadi 17 jenis usaha kerajinan dengan skala rumah tangga yang didesain dan diprosduksi secara manual tanpa adanya penggunaan mesin sama sekali.  Semua itu juga diimbangi dengan segi kreatifitas dari para pengrajin dari Bali dalam menciptakan berbagai produk aneka cinderamata terbaik dengan nilai seni dan juga mampu bersaing di pasarann luar negeri (baca juga artikel bakat sastrawan yang gagal)

Namun tentunya selain adanya kegiatan ekspor untuk barang barang kerajinan khas Bali ini rupanya banyak juga jenis cenderamata yang dibeli oleh para pelancong yang sebelumnya pergi dan berjalan jalan ke Bali dan beberapa kota lain dan kemudian membeli produk tersebut. Sebuah keuntungan bagi masyarakat Indonesia khususnya Bali yang sangat mahir dalam menciptakan kerajinan tangan dan kesenian ini.